27/09/2022

PENDIDIKAN KESEHATAN BAGI REMAJA
SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH


Banda Aceh, Senin (5/9/2022) SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh melaksanakan kegiatan terkait kesehatan peserta didik, bekerja sama dengan Puskesmas Banda Raya yaitu:
1. Pembagian tablet Fe (tambah darah)

Pembagian tablet Fe (tambah darah) kepada peserta didik sesuai edaran tentang pelaksanaan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) serta pencanangan Minum Tablet Fe bagi peserta didik perempuan. Kegiatan ini merupakan upaya konkrit dari pemerintah Aceh untuk meningkatkan capaian imunisasi anak sekaligus sebuah upaya menurunkan angka kasus prevelensi stunting di Aceh. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi Aceh yang lebih baik serta siap menjadi penerus masa depan generasi emas 2045. Tablet Fe (tambah darah) diserahkan pihak puskesmas Banda Raya secara simbolik kepada kepala sekolah SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh setelah apel pagi. Kemudian setiap wali kelas VII, VIII dan IX membagikan tablet Fe kepada seluruh peserta didik perempuan di kelas masing-masing. Penyerahan tablet Fe (tambah darah) ke wali kelas Peserta didik sedang meminum tablet Fe (tambah darah)

2. Penjaringan Kesehatan anak sekolah

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan atas kerjasama UKS sekolah dengan Puskesmas Banda Raya. Penjaringan kesehatan yang dilakukan meliputi pengisian kuesioner Kesehatan dan pemeriksaan fisik seperti tes buta warna, pemeriksaan berat badan, tinggi badan, THT, gigi dan mulut serta kesehatan mata. Pelaksanaan penjaringan dilakukan hanya di kelas VII bertujuan untuk mendeteksi awal peserta didik yang memiliki masalah kesehatan agar mendapat penanganan sedini mungkin. Peserta ddik sedang mengisi kuesioner

Peserta didik sedang melakukan berbagai pemeriksaan fisik

3. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pembinaan Penerapan Protokol Kesehatan

Kegiatan ini dilaksanakan di UKS sekolah melibatkan perwakilan kader UKS dari kelas VII, VIII dan IX. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang Kesehatan reproduksi dan menekan angka penyebaran penyakit menular khususnya anak sekolah serta pembinaan tentang penerapan protokol kesehatan yang semestinya dilakukan oleh peserta didik.

Peserta didik sedang diajari proses mencuci tangan yang benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.